Analisa Keuangan, Investasi dan Perpajakan

Cara Mengaktifkan Pelaporan Pajak Online dengan E-Filling Gambar Per Langkah

Cara Mengaktifkan Pelaporan Pajak Online dengan E-Filling Gambar Per Langkah

Tata cara dan tutorial mendaftar akun DJP OLINE yang bergelar ONE STOP SERVICE.

Parkir Kantor Pajak terlalu padat, antriannya terlalu panjang sampai petugas bermuka masam membuat anda merasa tidak nyaman harus bolak-balik ke KPP Pratama tempat anda terdaftar, disisi lain kewajiban perpajakan adalah satu hal yang harus dipenuhi oleh warga negara. Tenang ada solusinya! Berikut cara lapor pajak online yang bergelar ONE STOP SERVICE.

Direktorat Jenderal Pajak berusaha memahami segala kegundahan setiap Wajib Pajak dari Sabang sampai Marauke dengan menciptkan sebuah layanan unggulan bernama e-filling yang merupakan cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP Online (https://djponline.pajak.go.id)

Cara Lapor Pajak Online melalui e-filing.

Apa saja jenis layanan e-filling

  1. Mengisi SPT secara online
  • SPT Tahunan PPh OP 1770 SS yang digunakan oleh Wajib Pajak yang memiliki penghasilan dari pekerjaan selaku karyawan kurang dari 60 juta setahun.
  • SPT Tahunan PPh OP 1770 S yang digunakan oleh Wajib Pajak yang memiliki penghasilan dari pekerjaan selaku karyawan lebih dari 60 juta setahun atau bekerja lebih dari satu pemberi kerja.
  1. Upload SPT OP 1770 yang digunakan Wajib Pajak yang memiliki penghasilan antara lain dari usaha/pekerjaan bebas atau dikenakan PPh Final dan/atau bersifat final dari dalam negeri lainnya/luar negeri.
  2. SPT Tahunan Badan 1771.
  3. Pembuatan e-billing untuk pembayaran pajak.

Bagaimana cara mendapatkan e-filing? Dan Tata Cara Mendaftarkan Pelaporan Pajak Online.

  1. Anda harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) terlebih dahulu, Wajib Pajak tidak akan bisa melaksanakan kewajiban perpajakan sebelum memiliki NPWP. Dan alangkah baiknya anda sudah anda memiliki penghasilan. Bayangkan jika anda tidak memiliki penghasilan tapi sudah harus berurusan dengan kantor pajak, betapa malangnya hidupmu Ferguso!

    Contoh kartu NPWP
  2. Anda harus memiliki nomor EFIN yang merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak yang akan melakukan transaksi elektronik dengan DJP. Karena EFIN ini sangat vital dan rahasia maka Wajib Pajak harus melakukan permohonan aktivasi EFIN di KPP Pratama terdekat bagi WP Orang Pribadi dan KPP Terdaftar bagi WP Badan.

    Contoh Tanda Terima EFIN
  3. Sesudah NPWP dan EFIN dimiliki segera buka https://djponline.pajak.go.id kemudian dibawah (dilingkari hijau) ada pertanyaan Anda belum terdaftar? Daftar di sini (diklik).

    Halaman Muka DJP Online. Daftar di sini (diklik).
  4. Registrasikan diri Anda pada DJP Online dengan mengisi NPWP, EFIN dan Kode Keamanan. Untuk Kode keamanan aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu waktu tunggu yang sangat sedikit, jadi saran saya sebelum diisikan klik dulu agar berubah kemudian secepat kilat Anda isi kode yang baru. Sorry bro, nobody perfect!!! Maka anda telah terdaftar pada DJP Online.
    Pendaftaran Pengguna DJP Online

    NPWP sudah terdaftar
  5. Setelah Anda terdaftar selanjutnya adalah setting password. Kembali buka https://djponline.pajak.go.id kemudian dibawah (dilingkari hijau) ada pertanyaan Lupa password? Reset disini kemudian klik. Untuk pembuatan password pertama kalinya maupun ketika Anda melupakan password menggunakan menu yang sama. Ingat EFIN adalah kunci! Anda bisa melupakan password atau NPWP sekalipun tapi dengan EFIN keduanya bisa dipulihkan, maka simpan baik-baik lembaran EFIN tersebut dalam tempat yang aman dan mudah diingat, jaga dia baik-baik sebagaimana Anda memperlakukan SK Anda.

    Halaman Muka DJP Online pertanyaan Lupa password?
  6. Berikut tampilan Perubahan Password, pada dasarnya sama dengan daftar pertama kali. Cuma disini centang Lupa Email? Dan isikan alamat email Anda yang kelak akan dijadikan tempat surat menyurat antara DJP dengan Anda. Oh ya, jangan lupa juga untuk Kode keamanan aplikasi ini masih memiliki kelemahan yang sama yaitu waktu tunggu yang sangat sedikit, jadi saran saya (lagi-lagi) sebelum diisikan klik dulu agar berubah kemudian secepat kilat Anda isi kode yang baru. Jangan lupa ya sob.
    Reset Password

    Link reset passsword telah dikirim
  7. DJP Online selanjutnya akan mengirimkan link reset password ke email Anda (contoh dilingkari hijau). Mengingat betapa rahasia dan keamanan akun Anda sendiri, pergantian password ini hanya berlaku selama 1 x 24 jam. Lewat dari itu Anda harus mengulang kembali prosesnya dari langkah nomor 4. Jadi jangan lambat ya temans.

    Email lupa Password
  8. Selanjutnya isi password baru Anda atau perubahan. Lagi-lagi saya ingatkan untuk Kode keamanan sebelum diisikan klik dulu agar berubah kemudian secepat kilat Anda isi kode yang baru. Kemudian selamatkan! Eh simpan maksud saya. Dan Password Anda berhasil berubah.
    Formulir Perubahan Password DJP Online

    Password anda telah berubah
  9. Setelah password ada/tergantikan kembali https://djponline.pajak.go.id isikan NPWP dan password Anda (dicentang hijau) kemudian login.

    Halaman Muka DJP Online masuk login
  10. Dan One-stop Tax Services atau layanan DJP Online siap digunakan. e-billing (sistem pembayaran elektronik), e-filing (cara penyampaian SPT secara elektronik) dan e-form (penyampaian SPT dengan formulir elektronik) telah siap digunakan.

    One-stop Tax Service siap digunakan

Sekian tutorial cara lapor pajak online. Dengan e-filing lapor SPT lebih awal dan lebih nyaman, selamat mencoba teman-teman.

Simak juga tutorial lainnya: Cara Mengisi SPT 1770 S ASN Pegawai dan BUMN



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *