Analisa Keuangan, Investasi dan Perpajakan

Cara Mengisi SPT 1770 S ASN Pegawai dan BUMN

Cara Mengisi SPT 1770 S ASN Pegawai dan BUMN

Jika Anda seorang karyawan / Aparat Sipil Negara (ASN) ingin melaporkan SPT Tahunan PPh lebih awal dan lebih nyaman sendiri, tanpa harus meninggalkan kantor tempat bekerja, tanpa harus datang ke Kantor Pajak, tanpa harus menggunakan jasa calo atau konsultan pajak, dan sangat mudah. Apakah bisa? Tentu bisa. Solusinya adalah melaporkan SPT Tahunan PPh OP dan cara mengisi SPT 1770 S secara online. Bagaimana caranya? Ikuti rinciannya sebagaimana berikut.

Tutorial cara mengisi SPT 1770 S

  1. Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan akun DJP Online pada alamat laman https://djponline.pajak.go.id dengan menggunakan EFIN. Bagaimana caranya jika belum memiliki? Tenang, kami telah menyediakan pula tutorialnya pada tulisan terdahulu, Anda tinggal klik CARA MENDAFTAR DJP ONLINE. Jika sudah ada maka kita lanjutkan.
  2. Sebelum melaporkan pajak Anda harus memiliki bukti potong pajak terlebih dahulu dari pemberi kerja. Form 1721 A1 bagi pegawai swasta/BUMN atau form 1721 A2 bagi ASN. Selain itu, jika Anda mendapatkan honorarium yang bersifat Final juga bisa memintanya dari pemberi kerja tapi ini hanya bersifat opsional.
    Contoh Form 1721 A2

    Contoh Bukti Potong PPh Pasal 21 Final
  3. Setelah memiliki akun pada DJP Online dan memiliki bukti potong dari pemberi kerja selanjutnya silahkan login pada laman https://djponline.pajak.go.id dengan memasukkan NPWP, Password dan Kode keamanan. Khusus untuk kode keamanan, sistem pada DJP Online membuatnya memiliki loading time yang sangat singkat, jadi ketika anda telah selesai mengisi NPWP dan password, klik kotal captcha terlebih dahulu agar kode berubah, barulah Anda mengisi kode keamanan (tips dan trik).

    Halaman muka DJP Online
  4. Setelah login anda akan masuk pada halaman one-stop Tax Services, untuk layanan e-filing di kanan atas (dilingkari hijau) kemudian diklik.

    Halaman One-stop Tax Service
  5. Setelah masuk pada layanan E-Filing SPT klik Buat SPT di sudut kanan atas (dilingkari hijau).

    Halaman Buat SPT
  6. Kemudian kita masuk pada formulir SPT, disitu ada 4 pertanyaan yang harus dijawab oleh Wajib Pajak
    • Apakah Anda menjalankan usaha atau Pekerjaan Bebas (Jawab tidak jika Anda hanya seorang karyawan yang tidak memiliki usaha lain);
    • Apakah Anda seorang Suami atau istri yang menjalankan kewajiban terpisah (MT) atau Pisah Harta (PH)? Pada umumnya orang Indonesia kewajiban harta atau pajak tidak terpisah, jika terpisah maka harus ada perjanjian pisah harta. Maka sebagai contoh kita memilih tidak.
    • Apakah Penghasilan Bruto yang Anda peroleh selama setahun kurang dari 60 Juta Rupiah? Kita pilih tidak, karena jika seorang Wajib Pajak memiliki penghasilan Bruto kurang dari 60 juta Rupiah sudah bisa mengajukan permohonan NPWP Non-Efektif dan tidak dapat mengisi formulir SPT 1770 S.
    • Sesudah 3 pertanyaan sebelumnya dijawab sesuai dengan contoh maka akan keluar pertanyaan keempat. Anda dapat menggunakan formulir 1770 S, pilihlah form yang akan digunakan. Saya menyarankan pilihan dengan panduan sebagaimana contoh.

      cara mengisi SPT 1770 S
      Menjawab pertanyaan sebelum mengisi SPT 1770 S secara online
  7. Langkah pertama cara mengisi SPT 1770 S: Anda akan masuk kedalam data formulir eSPT 1770 S langkah pertama yaitu mengisi tahun pajak (2018 dalam contoh), kemudian status SPT normal untuk yang pertama kali dalam tahun pajak tersebut atau pembetulan jika Anda ingin memperbaiki SPT yang telah Anda sampaikan sebelumnya. (Dalam contoh kita mengisi normal). Kemudian klik langkah berikutnya.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 1 mengisi SPT 1770 S secara online
  8. Langkah kedua cara mengisi SPT 1770 S: Jika pemberi kerja Anda telah melaporkan SPT PPh Pasal 21 Tahunan untuk Perusahaan/BUMN/Instansi atau telah merekam pada e-bupot pada sistem DJP maka secara otomatis akan muncul data pembayaran (gambar 1 dan 2 dibawah), tapi jika belum Anda dapat merekam sendiri dengan mengisi baris yang disediakan antara lain sebagaimana (gambar ketiga gambar dibawah ini):
    • Mengisikan jenis pajak Pasal 21;
    • NPWP Pemotong/Pemungut Pajak;
    • Nama Pemotong/Pemungut Pajak yang secara otomatis muncul ketika Anda merekam NPWP dengan benar;
    • Nomor Bukti Pemotongan/Pemungutan;
    • Tanggal Bukti Pemotongan/Pemungutan;
    • Jumlah PPh yang Dipotong/Dipungut;
      cara mengisi SPT 1770 S
      Langkah 2 mengisi SPT 1770 S secara online Jika pemberi kerja Anda telah melaporkan SPT PPh Pasal 21 Tahunan untuk Perusahaan/BUMN/Instansi atau telah merekam pada e-bupot pada sistem DJP.
      cara mengisi SPT 1770 S
      Langkah 2 mengisi SPT 1770 S secara online jika anda setuju dengan apa yang telah direkam pemberi kerja.

      cara mengisi SPT 1770 S
      Langkah 2 mengisi SPT 1770 S secara online jika anda memilih mengisi secara manual.
  9. Langkah ketiga cara mengisi SPT 1770 S: adalah memasukkan penghasilan netto dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan sebagaimana yang tercantum pada from 1721 A1 atau A2 yang telah Anda siapkan sebelumnya (tutorial nomor 2 gambar 1) baris nomor 15. Dan jika pemberi kerja telah melaporkan dan merekamnya pada sistem DJP maka angka ini akan muncul otomatis (sebagaimana contoh gambar di bawah).

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 3 mengisi SPT 1770 S secara online. Memasukkan penghasilan netto dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan.
  10. Langkah keempat cara mengisi SPT 1770 S ada pertanyaan: Apakah Anda memiliki penghasilan Dalam Negeri Lainnya? Yaitu berupa penghasilan yang tidak termasuk penghasilan yang dikenakan PPh Final dan/atau bersifat Final antara lain diperoleh dari: Bunga; Royati; Sewa; Penghargaan dan hadiah; Keuntungan dari penjualan/pengalihan harta dan; Penghasilan lainnya. (Dalam contoh dibawah kita pilih tidak).

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 4 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki penghasilan Dalam Negeri Lainnya?
  11. Langkah kelima cara mengisi SPT 1770 S: Apakah Anda memiliki penghasilan Luar Negeri? Jika Anda memiliki pembagian keuntungan dari saham Microsoft atau perusahaan lain dari luar negeri maka bisa mengisikan disini. (Dalam contoh dibawah kita pilih tidak, maka klik langkah berikutnya).

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 5 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki penghasilan Luar Negeri?
  12. Langkah keenam: Apakah Anda memiliki penghasilan yang tidak termasuk objek pajak? Yaitu penghasilan yang tidak dikenakan pajak meliputi: Bantuan/Sumbangan/Hibah; Warisan; Bagian laba anggota perseroaan komanditer tidak atas saham, persekutuan, perkumpulan, firma, kongsi; Klaim asuransi kesehatan, kecelakaan jiwa, dwiguna, beasiswa; Penghasilan lainnya yang tidak termasuk objek pajak. (Dalam contoh dibawah kita pilih tidak, maka klik langkah berikutnya).

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 6 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki penghasilan yang tidak termasuk objek pajak?
  13. Langkah ketujuh cara mengisi SPT 1770 S: Apakah Anda memiliki penghasilan yang pajaknya sudah dipotong final? Bagi PNS pajak yang telah dipotong final ini memiliki ciri untuk golongan I dan II dengan tarif 0%, golongan III sebesar 5% dan golongan IV sebesar 15%. jika tidak ada centang tidak. Jika ada Anda harus mengisikan antara lain: Sumber/Jenis Penghasilan; DPP/Penghasilan Bruto; PPh Terutang sebagaimana bukti potong yang diberikan oleh pemberi kerja. Kami menyediakan contoh sebagaimana pada (tutorial nomor 2 gambar 2). Tahapan perekamannya ada pada 2 gambar dibawah ini.
    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 7 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki penghasilan yang pajaknya sudah dipotong final

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 7 mengisi SPT 1770 S secara online. Cara mengisi penghasilan yang pajaknya sudah dipotong final.
  14. Langkah delapan cara mengisi SPT 1770 S: Apakah Anda memiliki harta? Kebanyakan orang merasa keberatan merekam harta seperti diintegrogasi. Apakah benar? Sebaliknya dengan merekam harta yang Anda peroleh dari penghasilan Anda dari pekerjaan maka sebenarnya Anda telah mengamankannya. Kenapa? Karena DJP sebagai instansi yang diberikan wewenang oleh Negara untuk memungut pajak berdasarkan Undang-Undang memiliki kewenangan untuk menagih jika ada pertumbuhan harta yang tidak wajar (dari data lain yang diperoleh oleh DJP) dan tidak terekam pada SPT Tahunan yang telah Anda laporkan. Mau aman? Saran kami sebaiknya rekamlah harta anda. Berikut contoh yang kami sediakan.
    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 8 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki harta?

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 8 mengisi SPT 1770 S secara online. Cara mengisi harta.
  15. Langkah kesembilan cara mengisi SPT 1770 S: Apakah Anda memiliki utang? Utang juga merupakan elemen penting untuk mendeteksi pertumbuhan harta. Sebagaimana rumus ekonomi Pendapatan = Penghasilan + Utang. Maka jika anda memiliki utang sebaiknya direkam. Dalam contoh kami “sang Wajib Pajak” sementara masih bebas utang jadi dipilih tidak.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 9 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki utang?
  16. Langkah sepuluh cara mengisi SPT 1770 S: Apakah Anda memiliki tanggungan? Negara mengakui maksimal seorang istri dan tiga orang anak sebagai tanggungan. Tanggungan ini akan menjadi PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) yang akan menjadi pengurang dari Penghasilan Netto yang akan dikenai pajak. Yang perlu Anda lakukan adalah merekamnya pada aplikasi ini. Berikut PKTP yang berlaku saat ini (dikeluarkan tahun 2016) dan cara merekamnya. Tapi jangan khawatir harus menghitung sendiri, ketika Anda merekamnya maka sistem akan menghitungnya secara otomatis sebagaimana yang telah dipotong oleh pemberi kerja.
    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 10 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda memiliki tanggungan?
    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 10 mengisi SPT 1770 S secara online. Cara mengisi tanggungan.

    Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)
  17. Langkah kesebelas cara mengisi SPT 1770 S: Apakah Anda membayar zakat/sumbangan keagamaan kegiatan wajib? Selain PTKP, zakat/sumbangan keagamaan kegiatan wajib juga dapat menjadi pengurang penghasilan kena pajak. Tapi ada syaratnya antara lain: Bukan zakat fitrah; dan diberikan kepada lembaga yang telah disahkan oleh Kementerian Keuangan seperti BAZIS, LAZIZ. Adapun zakat/sumbangan keagamaan kegiatan wajib yang diberikan secara personal dan tidak melalui lembaga sebagaimana disebutkan diatas maka tidak bisa menjadi pengurang penghasilan kena pajak. (Dalam contoh dibawah kita pilih tidak maka klik langkah berikutnya).

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 11 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda membayar zakat/sumbangan keagamaan kegiatan wajib?
  18. Langkah keduabelas cara mengisi SPT 1770 S: Status kewajiban Perpajakan Suami Istri. Meliputi: Status Perkawinan; Status Kewajiban Perpajakan Suami-Istri; NPWP Istri/suami dan; Pilih golongan PTKP. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan sebagaimana yang tercantum pada from 1721 A1 atau A2 yang telah Anda siapkan sebelumnya (tutorial nomor 2 gambar 1). Selanjutnya sistem akan menghitung secara otomatis.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 12 mengisi SPT 1770 S secara online. Status kewajiban Perpajakan Suami Istri
  19. Langkah ketigabelas cara mengisi SPT 1770 S: Apakah anda memiliki pengembalian/pengurangan PPh Pasal 24 dari penghasilan LN (Luar Negeri)? Isikan bila ada, atau centang tidak jika tidak punya sebagaimana contoh gambar di bawah.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 13 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah anda memiliki pengembalian/pengurangan PPh Pasal 24 dari penghasilan LN (Luar Negeri)?
  20. Langkah keempat belas cara mengisi SPT 1770 S ada dua pertanyaan: Apakah Anda melakukan pembayaran PPh Pasal 25?; Apakah Anda sudah membayar STP PPh Pasal 25 (hanya pokok saja)? Jika anda semata-mata hanya menerima penghasilan dari pemberi kerja sebagaimana contoh maka kolom ini tak perlu diisikan. Klik langkah berikutnya.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 14 mengisi SPT 1770 S secara online. Apakah Anda melakukakn pembayaran PPh Pasal 25?; Apakah Anda sudah membayar STP PPh Pasal 25 (hanya pokok saja)?
  21. Langkah kelima belas cara mengisi SPT 1770 S: Penghitungan Pajak Penghasilan (PPh). Jika Anda telah mengisikan keseluruhan data dengan benar maka jumlah penghitungan otomatis ini akan sama dengan form 1721 A1/A2 yang diberikan oleh pemberi kerja (tutorial nomor 2 gambar 1) sebagaimana contoh dibawah, anda tinggal klik langkah berikut.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 15 mengisi SPT 1770 S secara online. Penghitungan Pajak Penghasilan (PPh).
  22. Langkah keenam belas cara mengisi SPT 1770 S: Proses Kurang/Lebih Bayar. Jika Anda semata-mata hanya memperoleh penghasilan dari satu pemberi kerja maka status akan NIHIL sebagaimana contoh gambar dibawah.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 16 mengisi SPT 1770 S secara online. Proses Kurang/Lebih Bayar.
  23. Langkah keketujuh belascara mengisi SPT 1770 S: Anda harus mencentang setuju/agree pada pernyataan: “Dengan menyadari sepenuhnya akan segala akibatnya termasuk sanksi-sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku saya menyatakan bahwa apa yang telah saya beritahukan di atas adalah benar, lengkap, jelas.” Klik Langkah berikutnya.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 17 mengisi SPT 1770 S secara online. Anda harus mencentang setuju/agree pada pernyataan.
  24. Langkah kedelapan belas cara mengisi SPT 1770 S: Anda harus mencentang setuju/agree sekali lagi pada pernyataan: ““Dengan menyadari sepenuhnya akan segala akibatnya termasuk sanksi-sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku saya menyatakan bahwa apa yang telah saya beritahukan di atas adalah benar, lengkap, jelas.” Kemudian klik selesai.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 18 mengisi SPT 1770 S secara online. Anda harus mencentang setuju/agree pada pernyataan (sekali lagi).
  25. Masih pada langkah delapan belas cara mengisi SPT 1770 S: Akan keluar form SPT Anda. Dibawahnya ada Kirim. Dalam mengirimkan Anda harus mengambil kode verifikasi yang akan dikirimkan pada email yang telah Anda daftarkan. Pastikan kode server yang anda terima sesuai. Isikan kode tersebut kemudian klik kirim SPT, maka tanda terima SPT Tahunan yang telah ada sampaikan akan dikirimkan pada anda via Sebagaimana dicontohkan pada gambar di bawah.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Langkah 18 mengisi SPT 1770 S secara online. Mengambil kode verifikasi
  26. Terkadang server DJP mengalami gangguan akibat tingginya traffic sehingga kode yang Anda ambil tidak bisa diisikan pada kotak (langkah 24). Maka jangan membuat ulang SPT karena akan membuat errornya semakin parah. Jadi apa yang harus Anda lakukan? Kembali ke menu/atau pun laman apapun pada DJP Online (tidak mesti sama dengan gambar dibawah) Klik Arsip SPT di atas agak kiri (dilingkari hijau) sehinggan muncul laman sebagaimana pada gambar 1 dibawah kemudian klik kirim (dilingkari kuning). Kemudian akan muncul tampilan sebagaimana gambar 2 dibawah. Ulangi prosesnya ambil kode verifikasi yang akan dikirimkan pada email yang telah Anda daftarkan. Pastikan kode server yang anda terima sesuai. Isikan kode tersebut kemudian klik kirim SPT, maka tanda terima SPT Tahunan yang telah ada sampaikan akan dikirimkan pada anda via email.
    cara mengisi SPT 1770 S
    Opsi Arsip SPT jika tidak bisa langsung kirim

    cara mengisi SPT 1770 S
    Ambil Kode verifikasi melalui email
  27. DJP akan mengirimkan Kode Verifikasi ke email Anda pastikan server code sama dengan link yang telah anda klik sebelumnya. Isikan kode tersebut lalu Anda akan mendapat pertanyaan. SPT Anda berhasil dikirim. Bukti penerimaan elektronik telah dikirimkan ke email Anda. Apa respon Anda terhadap layanan ini? PUAS atau TIDAK PUAS. Silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan perasaan Anda.
    cara mengisi SPT 1770 S
    Cek Email untuk kode verifikasi

    cara mengisi SPT 1770 S
    espon pada layanan DJP Online. Puas atau Tidak Puas
  28. Periksa email anda dan pastikan Bukti Penerimaan Elektronik telah masuk. Maka Anda telah selesai melaksanakan kewajiban perpajakan pada tahun ini.

    cara mengisi SPT 1770 S
    Tanda Terima SPT dikirim via Email

Selamat mencoba, semoga sukses.



1 thought on “Cara Mengisi SPT 1770 S ASN Pegawai dan BUMN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *